DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Begitu banyaknya hal dan kegiatan menyenangkan yang seru dilakukan di Pantai Derawan dan area sekitarnya ini. Meski tujuan pertama dan utama Anda adalah Pantai Derawan di Pulau Derawan, Anda dijamin akan tergoda oleh pulau-pulau terdekatnya. Berikut adalah aktivitas yang akan membuat liburan makin tak terlupakan di Pulau Derawan.

  • Berkeliling Menjelajahi Pulau Derawan

kerjalan kaki adalah ide yang bagus karena Pulau Derawan sendiri merupakan sebuah pulau kecil, sementara jika ingin menelusuri pulau lainnya, siapkan uang untuk menyewa kapal sebab tidak tersedia kapal reguler. Speedboat adalah yang dibutuhkan para wisatawan saat ingin menjelajahi pulau lainnya dan Speedboat sendiri terdiri dari beberapa pilihan yang Anda bisa gunakan; harga penyewaan Speedboat bakal ditentukan oleh jumlah penumpang dan besarnya Speedboat itu sendiri. Speedboat yang mampu mengangkut 3-4 orang bisa disewa seharga kurang lebih Rp 1,5 juta sampai 2 jutaan untuk satu hari, namun bila ingin mendapatkan Speedboat yang mengangkut 6-12 orang, koceknya akan jauh lebih mahal pastinya. Jika anda hobi bersepeda, naik sepeda pun akan sangat mengasyikkan ketika disini.

  • Snorkeling dan Diving

Liburan ke pantai seindah Derawan belum terasa lengkap bila belum melakukan diving dan snorkeling, karena dengan kedua kegiatan tersebutlah Anda dapat mengetahui dan mengabadikan kecantikan dunia bawah lautnya. Buktikan bahwa kehidupan bawah laut Pantai Derawan bukanlah omong kosong. Di kawasan pantai ini akan Anda jumpai sejumlah lokasi yang menyewakan peralatan snorkeling yang tarifnya sangat beraneka ragam dan yang paling terjangkau kira-kira seharga Rp 50 ribu. Terdapat juga penyediaan alat terlengkap yang bisa ditemukan di Dive Center, jadi langsung saja menyewa dan dapatkan pengalaman seru wisata air dan bawah laut. Hal-hal yang akan dijumpai oleh para penyelam antara lain adalah ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karangnya yang begitu indah. Semoga saat Anda memilih untuk ber-diving dan snorkeling adalah pada waktu yang tepat dengan cuaca yang tengah cerah. Cuaca yang terang akan memengaruhi jarak pandang para penyelam yang makin jauh dan tentu ini adalah kabar baik. Jarak pandang yang dimaksud dapat mencapai sekitar 20 meter. Waktu penyelaman lebih fleksibel di Pantai Derawan karena Anda dapat menikmatinya baik pagi, siang atau sore hari tergantung dari panduan pemandunya dan kondisi cuaca. Khusus di Pantai Derawan, penyelaman termasuk terbatas karena hanya akan berada di sekitar dermaganya saja, tapi luangkan waktu Anda untuk bisa bermain dan mengeksplor lebih Danau Kakaban.

  • Naik Boat

Karena air lautnya begitu jernih, misalpun Anda naik perahu, memandang dari atas perahu saja bahkan sudah terasa cukup karena segala bunga karang dan terumbu karang akan tertangkap oleh mata. Begitupun dengan Banana Boat, naik Banana Boat pun akan terasa menyenangkan bersama teman atau keluarga. Naik Boat ini akan lebih seru jika dilakukan bersama dengan teman teman anda. Yang harus dilakuakndisini anda harus orang yang terbebas dari phobia dan anda tidak ambuk terhadap kendaraan laut. Boat yang dinaiki bisa digunakan maksimal 5 orang ditambah 1 orang instruktur di belakang. Instruktur tersebt berguna untuk mengawasi pengunjung yang naik boat agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Sebelum naik boat, pera pengunjung diwajibkan untuk menggunakan pelampung. Pleamung berbentuk jas harus melekat di tubuh. Jas itu nantinya akan menghindarkan pengunjung dari tenggelam.

  • Berburu Matahari Terbenam

Matahari terbenam di Pantai Derawan tak kalah cantik dari pemandangan di pantai lainnya, jadi bagi wisatawan yang tidak begitu tertarik berwisata air, berburu matahari terbenam adalah hal yang seru juga. Duduk-duduk di pinggir jembatan sambil menunggu matahari tenggelam akan membuat Anda merasa tenang dan rileks karena bisa sekalian memandangi hamparan laut. Sinar jingga atau sinar oranye yang melekat pada matahari terbenam akan membuat hati orang yang melihatnya menjadi tenteram, Di pantai ini terdapat jembatan yang dibuat dari susunan kayu dan biasanya para wisatawan nongkrong di spot satu ini untuk menunggu terbenamnya matahari sambil sesekali memandangi dasar laut jernih di mana ikan-ikan lucu dan cantik terlihat melayang-layang di dalamnya.

  • Berburu Penyu Hijau

Pernahkah Anda berburu penyu hijau di pantai lain? Di Pantai Derawan, salah satu aktivitas menarik saat malam tiba adalah memburu penyu hijau. Tapi jangan salah persepsi, berburu bukan berarti lalu Anda bisa dan boleh menyantapnya seketika mendapatkannya. Bahkan penyu hijau juga tidak boleh untuk dibawa pulang untuk dipelihara di rumah. Berburu di sini maksudnya adalah untuk melihat secara langsung proses bertelurnya penyu-penyu tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penangkaran penyu hijau terdapat di Pulau Derawan, dan tempat konservasi ini terbuka bagi wisatawan yang ingin berlibur sekalian menambah wawasan. Ajak anak-anak ke tempat ini tentu akan sangat baik karena mereka akan dapat menyaksikan sendiri ketika anak penyu hijau (tukik) menetas setelah lewat dari 50 hari dari masa penanamannya. Bila datang di waktu yang tepat, maka Anda akan dapat berpartisipasi dalam melepas anak-anak penyu hijau dari bibir pantai ke laut.

  • Berbelanja Souvenir

Berada di Pulau Derawan, suvenir adalah hal yang wajib, apalagi suvenir khas yang akan mengingatkan Anda selalu bahwa Anda pernah datang dan berpetualang di Derawan. Pulau Derawan sendiri merupakan sebuah pulau hunian dan penghuni dari pulau ini adalah suku Bajou. Untuk dapat bertemu dengan mereka, mengobrol dan melihat-lihat aktivitas warga setempat, jalan kaki saja sudah cukup asal fisik tidak mudah lelah. Tidak ada salahnya untuk membeli suvenir unik nan indah khas buatan para warga suku Bajou sendiri sehingga akan terasa lebih berkesan.  Salah satu souvenir yang menjadi idola dan sering dibeli oleh wisatawan adalah baju. Jika anda ingin membeli oleh oleh di suatu tempat wisata anda harus pandai menawar dan bernegosiasi dengan penjual. Hal itu dikarenakan wisatawan sering dihadapkan pada harga barang yang melebihi dari harga normal.

 

Sumber: http://tempatwisataunik.com

 

 

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media