Dalam sejarah peradaban manusia, goa adalah sebagai tempat alamiah juga sering dianggap memilki nilai sejarah dan mistis tertentu, tak jarang keberadaannya seering dikeramatkan, banyak mitologi dan prasasti tercatat pada lobang-lobang tanah yang disebut gua ini, salah satunya adalah goa-goa alam yang ada di daerah pangandaran, sebagai pusat wisata alam di jawa barat berikut ini ada 7 gua alam yang menakjubkan di taman wisata dan cagar alam pangandaran yang patut anda untuk anda kunjungi untuk melengkapi khasanah perjalanan wisata pantai pangandaran :

  1. Gua Parat (gua Keramat)

Tempat ini memiliki ± 200 Meter dengan ujung gua yang tembus sampai ke pantai pangandaran. Istilah “Parat” diambil dari kata bahasa sunda yang artinya “tembus”. Konon gua ini merupakan petilasan Syeh Ahmad (Pangeran Kesepuhan) dan Syeh Muhamad (Pangeran Kanoman), penyebar agama islam di masa kerajaan pananjung (Galuh Pangauban), keuinikan gua paraat ini ada batu Stalagtit yang mirip seperti kelamin laki-laki dan perempuan, paha ayam, hewan unta, kelelawar, landak dan batu cikaracak.

  1. Gua miring (Gua Cemped)

Gua Miring yang ada di objek wisata pangandaran ini merupakan goa tembusan. Di sebut goa miring ini karena untuk melewati atau menembus goa ini pengunung harus memiringkan badan, Keunikan tempat ini yaitu seperti pocong, kuntilanak, batu angel atau bidadari, serta batu tengkorak.

  1. Gua Lanang

Gua yang konon petilasan kerajaan pananjung (Galuh pangauban) yang dulunya dijadikan sebagai keraton sementara kerajaan, di sebut gua lanang karena didalam gua ini terdapat batu yang menyerupai anak laki-laki yang habis di sunat. Keunikan lainnya terdapat batu yang menyerupai gamelan dan kalo ditabuh menggunkan tangan, akan mengeluarkan nada musik yang bagus.

  1. Gua Panggung

Disebut gua panggung karena gua tersebut menyerupai seperti panggung, terdapat simbul makam Mbah Jaga Lautan (Kyai Pancing Benar) yang konon ceritanya merupakan keponakan ibu ratu pantai selatan (Dewi nyai Loro Kidul)

  1. Gua Cirengganis

Merupakan gua yang mengeluarkan sumber mata air yang konon yang tidak pernah kering meskipun dimusim kemarau panjang, mitos lainnya yaitu bahwa sumber mata air cirengganis dapat membuat awet muda.

  1. Gua Karang Bolong

Gua karang (batu bolong) pangandaran ini dimana pada batu karang yang megah berdiri kokoh ditengah laut itu, terdapat batu (karang) yang bolong.

  1. Gua Sumur Mudal

Ga ini dikatakan gua sumur mudal karna dahulu didalam gua ini terdapat sebuah mata air yang membentuk sumur dan airnya mudal (mendidih) oleh sebab itu sekarang dikatakan gua sumur mudal pangandaran

Itulah berbagai goa yang terdapat di taman wisata cagar alam pangandaran.

 

Sumber: http://wisata.pangandaran.co/

 

Contact Us

Layanan pelanggan kami beroperasi setiap hari mulai pukul 8.00 hingga 21.00

SMS/WA :
0852-9584-6609 ( TELKOMSEL )
0852-1242-4011 ( TELKOMSEL )

Cukup Hubungi Salah Satu agar tidak miskom, karena tiap nomor beda admin/orang , trims