DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Bagi para pecinta wisata air terjun, sudah tahukah Anda kalau Jawa Barat menyimpan banyak air terjun yang indah? Siapkan stamina Anda. Berikut 9 air terjun terindah di Jawa Barat yang kami sarankan untuk anda kunjungi:

 

  1. Curug Cikaso

Salah satu air terjun terindah di Jawa Barat adalah Curug Cikaso. Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso ini letaknya cukup terpencil di sudut Sukabumi, di antara tebing-tebing tinggi dan hutan. Air terjun ini sebenarnya memiliki nama Curug Luhur, namun karena sumber airnya berasal dari Sungai Cikaso, maka curug ini sering disebut sebagai Curug Cikaso. Curug Cikaso ini memiliki ketinggian 80 meter dengan tiga aliran air terjun yang jatuh ke kolam di bawahnya. Pengunjung dapat berendam di kolam tersebut. Di sekitar Curug Cikaso ini sudah terdapat kamar mandi untuk bilas, warung makan, dan kios-kios souvenir.

 

2. Curug Malela

Curug Malela berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat. Curug yang termasuk salah satu air terjun terindah di Jawa Barat ini kerap dijuluki sebagai “Niagara Mini”. Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar tebing lebih dari 70 meter dengan lima jalur air terjun. Debit airnya yang deras membuat air terjun ini tampak semakin megah mempesona. Untuk mencapai Curug Malela ini, dari pusat kota Bandung Anda harus menempuh perjalanan sejauh 3 jam perjalanan. Lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perbukitan hijau sejauh 10 km.

 

3. Curug Cilember

Curug Cilember terletak di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Air terjun ini masuk dalam kawasan wana wisata Curug Cilember dan terletak pada ketinggian sekitar 800 mdpl. Curug Cilember ini dikelilingi perbukitan dan hutan pinus merkusii. Hal yang paling menarik dari Curug Cilember adalah bahwa curug ini memiliki tujuh air terjun pada lokasi yang berbeda-beda. Curug yang paling tinggi memiiki ketinggian sekitar 40 meter. Penduduk setempat mempercayai bahwa air dari curug ketujuh memiliki khasiat sebagai obat awet muda, enteng jodoh, dan menyembuhkan penyakit. Akses jalan menuju Curug Cilember ini sudah lumayan baik, namun jalanannya cukup berliku dan sempit.

 

4. Curug Cigangsa

Salah satu air terjun terindah di Jawa Barat ini juga terletak di daerah Sukabumi, tepatnya di Desa Batusuhunan/Pasiripis, Kecamatan Surade, Sukabumi Selatan. Curug Cigangsa ini lokasinya kira-kira sekitar 10 km dari Curug Cikaso. Curug yang memiliki tiga tingkat ini diperkirakan terbentuk akibat gempa yang menyebabkan longsor. Debit airnya tergolong kecil sehingga kita masih dapat melihat jelas dinding batu hitam tempat air mengalir jatuh. Debit air kecil ini disebabkan bagian hulu sungai dibendung untuk keperluan irigasi. Keindahan Curug Cigangsa ini dapat dinikmati dari atas maupun dari bawah. Tapi, jika ingin menikmati keindahan Curug Cigangsa ini dari bawah, maka tentunya Anda harus menuruni lereng yang curam terlebih dulu.

 

5. Curug Sanghyang Taraje

Taraje dalam bahasa sunda artinya “tangga”. Menurut legenda, Sanghyang Taraje ini pernah digunakan oleh Sangkuriang untuk mengambil bintang di langit atas permintaan Dayang Sumbi. Di area Curug Sanghyang Taraje ini juga terdapat sebuah batu berbentuk tapak raksasa yang konon merupakan tapak Sangkuriang. Di luar legenda tersebut, Curug Sanghyang Taraje ini memang memiliki bentuk yang menyerupai tangga. Curug Sanghyang Taraje memiliki tinggi 100 meter dengan dua aliran air. Di musim kemarau, debit airnya akan mengecil. Tapi di musim hujan, debit airnya besar dan airnya akan menjadi agak keruh. Panorama alam di sekitar Curug Sanghyang Taraje ini sangat asri dan suhu udaranya pun sejuk. Curug Sanghyang Taraje berada di wilayah Pakenjeng Kabupaten Garut.

 

6. Curug Neglasari

Curug Neglasari berlokasi di selatan Garut, Kecamatan Cisompet, kira-kira 2,5 jam dari kota Garut ke arah selatan menuju Pameungpeuk. Curug yang berada di ketinggian 1200 – 1600 mdpl ini memiliki keunikan berupa tujuh tingkatan air terjun. Setiap tingkatan air terjun memiliki kolam air alami dengan kedalaman sekitar 1 – 3 meter. Aliran air yang jatuh dari Curug Neglasari ini menimpa tebing-tebing dari Gunung Gelap, membentuk relief pada dinding gunung yang bentuknya menyerupai tangga.

 

7. Curug Bandung

Walaupun bernama Curug Bandung, namun air terjun ini letaknya bukan di kota Bandung. Curug Bandung berada di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Curug Bandung ini digolongkan sebagai salah satu keajaiban alam dengan tujuh air terjun dalam satu aliran sungai. Sumber airnya berasal dari mata air yang berada di Gunung Sanggabuana. Untuk mencapai Curug Bandung, Anda harus trekking menyusuri jalan yang berlumpur dan licin di kala hujan sejauh kira-kira 3 km. Panora alamnya sangat asri dengan udara yang sejuk bebas dari polusi.

 

8. Curug Dengdeng

administratif, Curug Dengdeng berada di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading, Kabupaten Cipatujah. Dinamakan Curug Dengdeng karena air terjun ini memiliki struktur bertingkat atau membentuk bedengan. Curug Dengdeng ini memiliki tiga tingkatan. Tingkat pertama setinggi 13 meter, tingkat kedua 11 meter, dan tingkat ketiga 9 meter. Dari tingkat pertama curug, Anda dapat melihat aliran Sungai Cikembang dan indahnya pemandangan sawah dan pohon kelapa. Untuk mencapai Curug Dengdeng, Anda harus berjalan kaki melewati sungai kecil, hutan jati, dan juga jalan yang curam. Sangat disarankan untuk mengajak pemandu saat Anda pergi ke Curug Dengdeng ini.

 

9. Curug Orok

Orok dalam bahasa sunda artinya “bayi”. Penamaan curug ini tak lepas dari kisah sedih di mana pada tahun 1968 ada seorang wanita muda yang membuang bayinya dari puncak air terjun. Curug Orok terletak di sebuah lembah di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Lokasinya kira-kira 31 km dari kota Garut. Curug Orok ini memiliki ketinggian 45 meter pada ketinggian 250 mdpl. Curug ini memiliki dua aliran air, di mana yang satu lebih besar daripada yang lain. Air curug ini sangat jernih dan hawa sekitarnya pun sangat sejuk.

 

Sumber: http://www.klikhotel.com

 

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media