DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Motor merupakan alat transportasi yang dianggap praktis, ini telah banyak digunakan oleh masyarakat,  menurut para ahli kesehatan, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh seorang pengendara sepeda motor adalah dengan melindungi bagian tubuhnya, terutama dada dan juga leher, salah satunya adalah dengan menggunakan jaket. Hal ini penting karena dapat mencegah berbagai kemungkinan untuk terjangkit penyakit yang berbahaya. Namun, kita sering menjumpai para pengendara mengabaikan hal tersebut dan tidak mempedulikan dampak bahaya yang bisa mengancam kesehatan mereka. Berikut ini beberapa bahaya naik motor tanpa menggunakan jaket :

  1. Tubuh Menjadi tidak Fit

Saat berkendara, tubuh kita tidak bisa menghindari terpaan angin yang kencang yang apabila hal tersebut dibiarkan terlalu lama dapat membuat tubuh menjadi tidak fit dan akan mengganggu konsentrasi kita. Menurut seorang Dekan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI yang bernama Bambang Wispriono, Ph.D menyatakan bahwa pada saat mengendarai sepeda motor. Apalagi dengan jarak tempuh yang jauh tanpa menggunakan alat pelindung seperti jaket membuat tubuh tidak akan kuat menahan terpaan angin, sehingga hal tersebut akan berdampak pada kesehatan tubuh. Beberapa hal yang bisa mengembalikan kondisi tubuh untuk menjadi lebih fit yaitu Mengkomsumsi makanan yang mengandung A,B,C.

  1. Suhu tubuh menjadi tidak stabil

Mengendarai motor tanpa menggunakan jaket atau pelindung dada dapat menyebabkan penurunan suhu tubuh.Suhu tubuh normal berkisar antara 35-36 derajat Celcius. Fungsi jaket yang kita kenakan pada saat mengendarai motor adalah sebagai isolator panas, sehingga suhu tubuh kita akan tetap terjaga. Manusia adalah makluk hidup yang berdarah panas sehingga pada saat terjadi penurunan suhu, maka tubuh akan mengkompensasi perubahan tersebut. Ini dapat berarti bahwa pada saat seseorang berkendara sepeda motor tanpa menggunakan pelindung tubuh seperti jaket, maka secara otomatis tubuh mensuplai lebih banyak darah ke daerah dada.  Apabila hal tersebut terjadi terus menerus maka akan dikhawatirkan terjadi penumpukan cairan di organ paru-paru, yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya infeksi pada saluran pernafasan, Beberapa aktivitas yang bisa membuat suhu tubuh seperti minum air es, Mandi Malam Hari, dan Sauna.

  1. Dapat menimbulkan kanker

Dampak berbahaya lain yang bisa dialami seorang pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan jaket adalah terkena paparan polusi udara yang mengandung partikel bahan-bahan kimia, seperti asap kendaraan bermotor dimana di dalamnya terdapat kandungan SO2, NO2, dan CO2. Paparan gas-gas tersebut dapat menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, serta tubuh kekurangan gas O2. Dan jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, seperti kanker paru-paru. Paparan kandungan bahan berbahaya juga dapat terjadi, seperti pada perokok pasif, atau asap roko dan Narkoba.


sumber: http://halosehat.com

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media