DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Haiii apa kabar??
Pada hari ini kami akan memberikan artikel tentang bahan kaos yang biasanya digunakan sehari-hari nih.
Simak yuk!! :D

Ada banyak sekali bahan kaos, biasanya kaos yang baik memiliki karakteristik seperti berikut :

  • Dapat menyerap air/keringat dengan baik
  • Halus dan nyaman di kulit dan tubuh
  • Tidak mudah luntur dan tidak mudah kusut
  • Tidak mudah melar meskipun berkali-kali dicuci.

Untuk mengetahui bahan kaos, kualitas dan karakteristiknya tidak hanya diperlukan oleh penjahit atau pengusaha konfeksi saja, tapi penting juga untuk konsumen. Berikut beberapa bahan jenis kaos :

1. Bahan Kaos Cotton Carded 100 Persen
Bahan cotton carded nyaman jika dipakai karena bahan dasar kain cotton carded adalah serat kapas alami. Kain cotton carded juga tersedia dalam beberapa macam berdasarkan kualitasnya, umumnya sering disebut cotton carded 20s, 242, 30s. Harga bahan cotton carded biasanya tidak terlalu mahal meskipun tergolong jenis kain yang berkualitas tinggi. Kekurangannya yaitu memiliki serat yang kurang halus dan rajutan yang kurang rata.

2. Bahan Kaos Cotton Combed 100 persen

Bahan kaos Cotton Combed 100 persen berkualitas super harganya juga lebih tinggi dibanding cotton carded dan kain lain. Bahannya lebih rata dan lebih halus, jadi bahan cotton combed adalah bahan kaos terbaik dan paling bagus. Bahan kaos cotton combed juga sama seperti cotton carded memiliki macam-macam tipe dengan kode 20s, 24s, 30s. Besarnya angka pada kode-kode tipe tersebut merupakan indikator untuk tingkat kualitasnya, semakin besar angkanya maka semakin bagus kualitasnya, dan harga pun semakin melambung. Bahan kaos cotton combed memiliki karakteristik yang hampir sempurna yaitu nyaman dipakai, tidak panas, daya serap tinggi dan tidak mudah luntur.

3. Bahan Kaos Hyget

Bahan hyget terbuat dari plastik dan bahan ini bisa dibilang tipis. Harga bahan hyget pun relatif murah. Bahan ini biasanya dipakai untuk membuat seragam promosi maupun seragam partai politik untuk keperluan kampanye. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak.

4. Bahan Kaos PE atau Polyester
Bahan jenis PE tidak menyerap keringat, itulah sebabnya mengapa kaos berbahan dasar PE lebih terasa panas di kulis saat dipakai. Bahan polyester terbuat dari serat sintetis atau hasil minyak bumi. Tapi ada juga keunggulan bahan baju Polyster diantaranya adalah tidak mudah kusut, gampang kering saat dijemur, lebih tahan terhadap berbagai bakteri, serta tidak mudah susut ataupun melar. Biasanya bahan ini tidak cocok untuk digunakan di daerah yang panas.

5. Bahan Kaos CVC (cotton viscose)

Viscose hasil dari pengembangan rayon. Viscose yaitu serat buatan (semi sintetis) yang diproduksi dan dihasilkan dari hasil regenerasi selulosa. Awal mula penciptaan rayon ini adalah guna membuat serat sutra sintetis, dengan kualitas yang kurang lebih sama atau lebih bagus namun dengan biaya yang jauh lebih murah.

VC singkatan dari Chief Value Cotton, yang artinya, mengandung lebih banyak cotton atau katun. Dalam tekstil mengandung 50% lebih kandungan cotton / katun atau serat kapas pada kain.

Kalau cotton viscose adalah gabungan dari cotton dan viscose/rayon viscose.sedangkan kalau cotton/katun CVC adalah kain yang dibuat dengan menggabungkan 2 buah serat yaitu cotton dan polyester. Perbandingannya bisa bermacam – macam, bisa 55% cotton +45% polyester, bisa 60% cotton + 40% polyester, atau bahkan 80% cotton dan 20% polyester. Semua bergantung dari tingkat kualitas kain cotton CVC  yang akan dibuat.
Bahan CVC berasal dari campuran antara cotton combed 55% dan viscose 45%. Bahan kaos ini juga tidak gampang menyusust meskipun sering dicuci dan memiliki daya serap yang cukup baik.

6. Fleece. Bahan ini adalah imitasi dari wol, banyak jenis fleece dilihat dari bahan dasar benang untuk membuatnya, seperti fleece katun, fleece polyester, fleece cvc, fleece micro, fleece polar, fleece bamboo dan lain lain. Karena dimaksudkan sebagai imitasi dari kain wol, fleece dirancang agar memiliki kehangatan dan kelembutan seperti wol.

7. Kain baby terry merupakan kain yang pada bagian perutnya memiliki “loop” kecil dan terkenal dengan kelembutan dan serap tinggi. Awal mula jenis kain terry ini digunakan untuk bahan handuk karena kain ini tebal dan memiliki daya serap tinggi. Kemampuan daya serap yang tinggi ini karena kain ini dibuat dari bahan cotton dimana jenis ini memang dikenal memiliki daya serap yang tinggi, selain dari bahan baku material kemampuan daya serap tinggi dari kain baby terry juga karena loop yang dipotong membentuk tumpukan lembut pada satu atau kedua sisi kain. Loop meningkatkan serap kain dengan membuat luas permukaan lebih tersedia.

Demikian yang bisa kami beri informasi tentang beberapa contoh kain kaos yang biasa digunakan. semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami .

Jadi yuk ke www.DistroMurahku.com aja, selain memiliki toko resmi online dan offline harga produk kami pun murah dan tentu dengan kualitas ORI PLUS, ada harga special untuk kamu yang ingin jualan lagi .

Jadi kapan lagi kalau bukan sekarang !

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media