DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Untuk  memperdalam karakter konsumen, kita memang perlu mengetahui karakter mereka. Kali ini kami akan coba memberikan strategi untuk mempertahankan pelangggan bisnis anda agar tetap setia:

  1. Siapkan tempat saran atau masukan

Secara umum pelanggan sifatnya ingin diperhatikan, mereka tidak mau tahu apakah kita mempunyai pelanggan ratusan atau ribuan tiap hari, mereka hanya berpikir ingin dilayani full service. Salah satu bentuk perhatian kita ialah mendengar keluhan konsumen dengan membuat tempat khusus, bisa dengan kotak suara, nomor untuk menerima keluhan, dan lain-lain. Dilain sisi kita bisa melihat apa yang kurang dari produk kita, entah bisa dari produk sendiri atau dari sisi pelayanan yang kurang

layak, itu salah satu cara mempertahankan pelanggan.

  1. Follow up setelah membeli

Ucapan terima kasih untuk membeli atau memberikan informasi yang menarik (adanya diskon, promo, launching produk, dll) dapat kita lakukan setelah pelanggan membeli produk, dengan tujuan konsumen merasa dihargai, karena kita masih mengingatnya walaupun yang menjadi pelanggan sangat banyak, apalagi jika kita menyebut nama mereka satu persatu (bukan secara umum). Bagaimana  melakukannya? Kita bisa membuat daftar buku tamu, dengan mengisi nama, no hp, dan email, bagi saya ini strategi yang penting dalam cara mempertahankan pelanggan bisnis.

  1. Ajak aktif di sosial media atau blog

Dengan membludaknya pengguna internet khususnya di Indonesia, maka kita sebagai pemilik produk sudah kebutuhan mutlak untuk membuat akun disocial media (facebook atau twitter) atau website produk, tujuannya ialah menunjukkan eksistensi kita yang tetap hadir untuk semua kalangan dan memperluas pemasaran agar menjadi banyak yang mengetahui.

  1. Mengajak pelanggan untuk membuat testimoni

Buatlah pengumuman bahwasanya akan diambil  5 komentar terbaik testimoni dan akan ditampilkan di website atau timeline kita, mereka pasti senang jika menjadi pen-testimoni karena bakal mejeng di hal depan website atau timeline. Strategi ini membuat pelanggan kita aktif dan memberi dampak viral marketing yang membuat produk kita dilihat orang banyak.

  1. Mencari orang yang berpengaruh untuk memberikan testimoni

Meneruskan dari strategi yang ke-4, akan tetapi kali ini kita mencari orang yang berpengaruh (memiliki banyak fans). Mengapa harus demikian? Karena akan berdampak juga fansnya yang banyak mencoba produk kita, contoh=> kita menjual bakso, kemudian kita minta testimoni dari Rafi Ahmad dan Raditya Dika, dengan testimoni yang diberikan oleh ke 2 orang tersebut, maka dengan sendirinya fans mereka akan mencoba bakso kita, tanpa disuruh dan dengan dahsyat akan mendongkrak penjualan.

  1. Berikan perhatian before dan after sales

Sebagian besar pelaku pasar hanya fokus terhadap penawaran yang akan mereka sampaikan, tanpa memperhatikan keinginan konsumen. Kesalahan inilah yang sering membuat para konsumen melakukan penolakan secara langsung terhadap para sales, sebab mereka menganggap para sales hanya akan berpromosi menawarkan sebuah barang. Karenanya untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada para konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian. Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen, serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.

  1. Berikan keuntungan bagi pelanggan setia Anda

Selain menawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia Anda. Tawarkan peluang bisnis bagi para konsumen yang bisa memberikan untung besar bagi mereka dan sekaligus bisa membantu Anda dalam meningkatkan pemasaran produk. Contohnya saja dengan membuka program reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk Anda. Strategi ini tidak hanya menguntungkan para reseller, namun juga mendorong para pelanggan untuk melakukan pembelian berulang-ulang.

 

Semoga tips/saran berikut bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pelaku usaha .

Jadi yuk ke www.DistroMurahku.com aja, selain memiliki toko resmi online dan offline harga produk kami pun murah dan tentu dengan kualitas ORI PLUS, ada harga special untuk kamu yang ingin jualan lagi .

Jadi kapan lagi kalau bukan sekarang !


sumber gambar : blog.jejualan.com

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media