DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Seperti yang kita telah ketahui, ada begitu banyak keindahan alam di Indonesia dan salah satu yang akan diulas kali ini adalah Pantai Derawan yang lebih tepatnya sebenarnya adalah pantai di Pulau Derawan. Jika berkunjung ke Kalimantan Timur, pulau ini adalah salah satu yang Anda bisa temukan di semenanjung utara perairan Kabupaten Berau. Pulau Derawan sendiri menghadirkan pesona alam taman bawah laut yang sama sekali tidak boleh terlewatkan, maka tidak heran bila UNESCO di tahun 2005 sempat memasukkan pulau ini menjadi calon situs warisan dunia. Para wisatawan mungkin sudah tidak asing dengan Raja Ampat, keindahan Pantai Derawan di Kalimantan Timur dijamin tidak akan kalah dari Raja Ampat milik Papua. Pulau Derawan sendiri bersama pulau-pulau yang lain, yaitu Pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki membentu yang namanya Kepulauan Derawan. Kabar baiknya, ada begitu banyak hewan yang dilindungi dan langka di tempat ini, termasuk kima, ikan barakuda, lumba-lumba, paus, penyu sisik, penyu hijau, dan sejumlah hewan lainnya. Pantainya yang bersih memang masih jarang terjamah sehingga kelihatan sangat menawan tanpa adanya sampah yang membuat pemandangan menjadi tidak enak. Selain panorama pantai, pantai ini adalah tempat yang pas bagi Anda yang ingin ber-diving ria alias menyelam, itulah alasan mengapa pecinta diving kelas dunia sangat menyukai lokasi ini sehingga Anda akan menemukan banyak wisatawan asing di Pantai Derawan. Proses bertelur dari penyu juga merupakan hal yang menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Tentang Pulau Derawan

Berikut ini adalah sedikit informasi tentang Pulau Derawan :

  • Pulau Derawan termasuk dalam 15 lokasi di Indonesia yang pengembangannya dilakukan secara pola DMO atau Destination Management Organization, khususnya sebagai kluster wisata alam bahri. Pengembangan lokasi ini secara DMO juga dilakukan sebagai kluster warisan budaya, taman alam serta ekowisata. Pulau Derawan merupakan 1 dari 2 kluster bahari yang bisa Anda jumpai di tanah air, dan satunya selain Pulau Derawan ini adalah Pulau Raja Ampat yang sangat terkenal dan dimiliki oleh Papua Barat.
  • Wilayah Pulau Derawan memang merupakan sebuah desa namun rupanya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memutuskan untuk supaya Pulau Derawan ditetapkan sebagai desa wisata. Hal ini dilakukan agar wisata bahari terdukung sehingga kehidupan masyarakat sekitar pun juga ikut terkena dampak baiknya.
  • Harapannya adalah ketika pulau ini ditetapkan sebagai desa wisata, maka meningkat pula kesadaran warga lokal dalam melestarikan dan menjaga lingkungan pulau ini. Melestarikan pulau ini dianggap sangat penting sebab pulau ini merupakan salah satu spot menyelam paling favorit yang ada di Indonesia dan itu dikarenakan adanya keindahan ekosistem di lautnya.

Cara Menuju Pantai Derawan

Ada beberapa pilihan cara yang bisa dipertimbangkan oleh para wisatawan untuk dapat sampai ke Kepulauan Derawan. Jika ini adalah kesempatan pertama Anda untuk dapat menjelajahi Pulau dan Pantai Derawan, perlu diketahui bahwa ada dua cara yang bisa ditempuh, yakni sebagai berikut ini:

  1. Via Udara

Berikut adalah jalur udara yang bisa anda gunakan:

  • Hal pertama yang perlu direncanakan adalah mendapatkan penerbangan menuju Balikpapan. Misal sudah sampai di Balikpapan, untuk bisa ke Kepulauan Derawan ada dua pilihan yang perlu dipertimbangkan. Pilihan pertama adalah penerbangan melewati Tarakan. Selain karena pilihan penerbangan cukup banyak, harganya pun dijamin lebih murah. Baru setelah sampai di Tarakan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menyewa Speedboat. Jika datang berombongan maka akan menguntungkan karena menyewa Speedboat jadi lebih murah.
  • Kedua. Pilihan kedua yang ditawarkan adalah penerbangan melewati Berau. Ada sejumlah maskapai yang menyediakan layanan penerbangan dari Balikpapan ke Berau, dan Anda bisa memilih antara Garuda Indonesia, Kalstar, Wings Air, dan Sriwijaya Air. Soal harga, Anda selalu punya pilihan untuk bisa menyesuaikannya denganbudgetyang sudah disiapkan. Saat sudah sampai di Berau, Anda boleh melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke Tanjung Batu dan di sanalah Anda bisa menyewa Speedboat. Speedboat yang bisa disewa ini dapat menampung 5 orang penumpang yang jika satu kali jalan, Anda perlu membayar Rp 300 ribu. Jika dari Pelabuhan Tanjung Batu, maka untuk sampai di Pulau Derawan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jika ingin cepat, Anda dapat memilih berangkat dari Tarakan di mana ada kapal cepat yang bisa mengantar para wisatawan secara langsung ke Pulau Derawan.
  1. Via Darat

Saat sudah sampai di Balikpapan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Samarinda. Menggunakan bus adalah pilihan yang bagus, namun jika ingin naik travel pun tidak masalah. Travel dari Samarinda ke Tanjung Redeb akan mewajibkan Anda untuk merogoh kocek kurang lebih Rp 300 ribu. Bila dari Tanjung Redeb dilanjutkan perjalanan menuju Tanjung Batu, travel juga adalah pilihan yang terbaik dengan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 150 ribu. Sementara untuk bisa di Pulau Derawan dari Tanjung Batu, Anda perlu menyewa Speedboat dengan biaya penyewaan kurang lebih Rp 100 ribu.

Obyek Wisata Pantai Derawan dan Sekitarnya

Sesampainya di Pulau Derawan yang biaya masuknya gratis, tidak hanya pantainya saja yang akan menjadi perhatian Anda, namun beberapa pulau di sekitarnya juga boleh menjadi destinasi dan dinikmati bersama keluarga, seperti Pulau Sangalaki, Kakaban, dan Maratua. Pulau-pulau ini mempunyai ciri khasnya sendiri di mana pastinya akan menyajikan pemandangan yang tidak akan kalah keren dari pantai-pantai lain di Indonesia. Boat pun tersedia bagi para pengunjung yang ingin ke pulau-pulau tersebut, namun harga yang harus dibayar sekitar Rp 700 ribu untuk setiap boat yang disewa.

 

Sumber : http://tempatwisataunik.com

 

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media