DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Melakukan perjalanan merupakan satu-satunya cara yang bisa kita lakukan untuk melihat dunia yang luas, dunia yang penuh dengan aneka rupa manusia, budaya, kuliner, alam dan lain sebagainya. Perjalanan tak hanya membuat kita tahu sisi lain dunia. Seringnya, perjalanan juga membawa efek baik bagi diri seseorang. Seseorang yang melakukan perjalanan ke tempat yang telah diimpikan akan cenderung merasa lebih bahagia. Tak jarang, sebuah perjalanan juga akan membuat seseorang menjadi lebih religius, lebih bijak, dan lebih terbuka. Perjalanan (khususnya solo travel), baik sedikit atau banyak juga akan membantu membentuk karakter seseorang. Ada banyak manfaat dari sebuah perjalanan yang sering tidak kita sadari. Seseorang yang sering melakukan perjalanan biasanya akan memiliki kebiasaan baik sebagai berikut:

1. Lebih bersyukur

Perjalanan bukan sekedar perpindahan fisik dari tempat A ke tempat B. Mlah juga tentang perubahan cara pandang. Kita bisa ambil contoh orang lain yang melakukan perjalanan haji ke Mekah atau seseorang yang melakukan perjalanan spiritural ke Tibet, misalnya. Selain berniat mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam kepercayaan masing-masing, mereka juga punya tujuan lain terkait spiritual. Yang pada akhirnya akan membuat mereka punya cara pandang yang baru tentang kehidupan. Pernahkah kamu duduk di stasiun lalu ada seorang yang tiba-tiba curcol tentang betapa beratnya perjuangan menjual batu akik untuk membiayai sekolah anak-anaknya?. Atau, pernahkah kamu perhatikan betapa beratnya beban seorang porter yang membawakan carrier 80 liter dari seorang pendaki?. Semua itu akan menyadarkan kita bahwa kita bukanlah satu-satunya orang yang punya masalah di dunia. Kita pantas bersyukur atas semua yang kita miliki.

2. Lebih menghargai waktu

Perjalanan selalu bersifat temporer, tak pernah abadi. Tujuan akhir dari sebuah perjalanan sejatinya adalah untuk kembali ke rumah. Karna bersifat temporer, maka kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Apa yang akan kita lakukan, apa yang ingin kita cari. Semua akan kita lakukan dalam jangka waktu tertentu. Kemudian, kita akan sadar bahwa waktu itu benar-benar berharga. Menyia-nyiakan waktu adalah salah satu bentuk kesalahan terbesar karna kita tak akan pernah bisa mengulang waktu.

3. Tak lagi memandangan remeh seseorang

Akan ada banyak ragam profesi yang akan kita temukan saat melakukan sebuah perjalanan. Semuanya mempunyai tujuan yang sama: menyambung hidup. Porter memyambung hidup dengan menggantikan turis membawakan barang bawaan, guide menyambung hidup dengan bercerita kisah sejarah serta memandu turis ke tempat-tempat penting. Semua pekerjaan tersebut akan membuat perjalanan kita menjadi lebih mudah. Hal serupa juga akan kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing orang melakukan pekerjaan sesuai keahlian masing-masing untuk membantu kebutuhan orang lain. Kita hidup untuk saling melengkapi.

4. Lebih teliti

Sebelum memulai perjalanan harus ada persiapan basic: packing serta mencari referensi penginapan. hal ini kita dituntut untuk sangat teliti. Saat packing, kita harus tahu betul apa saja barang yang akan kita bawa, termasuk yang berkaitan dengan identitas (KTP, visa dll). Untuk hal ini, ada baiknya untuk membuat check list. Sedangkan untuk penginapan, kita harus benar-benar teliti soal harga serta fasilitas yang disediakan. Demi kenyamanan perjalanan yang kita lakukan.

5. Lebih fleksibel

Tak semua yang akan kita dapatkan sesuai dengan ekspektasi di awal. Misalnya, kita membaca sebuah review tentang penginapan yang katanya bagus serta memiliki fasilitas yang lengkap. Setelah kita lihat, ternyata yang kita baca tak sesuai dengan keterangan. Atau, kita membaca sebuah artikel tentang sebuah pantai yang katanya airnya bersih banget dan sepi pengunjung layaknya pantai pribadi. Nyatanya, pantai tersebut ramainya menyerupai pasar. Menjadi fleksibel adalah kunci untuk menghadapi segala sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi.

 

Sumber: http://www.yukpiknik.com

 

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media