DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong




Pegunungan yang menjulang tinggi dan indah adalah salah satu keajaiban dari ciptaan-Nya yang Maha Kuasa. Di bumi ini ada lebih dari puluhan ribu pegunungan dan gunung yang tersebar di berbagai benua dan pulau. Di Indonesia sendiri juga banyak sekali gunung, baik itu yang sering didaki, maupun yang belum pernah didaki.

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang cukup digemari oleh beragam kalangan, baik itu kalangan pelajar, karyawan, pengusaha, bahkan masih ada lansia yang sanggup mendaki gunung. Hebat kan sob..?  Di Indonesia sendiri, banyak sekali gunung yang bisa anda taklukan, mulai dari gunung yang mudah hingga gunung yang membutuhkan keterampilan khusus. Seperti memanjat tebing, kemampuan bertahan hidup dan keterampilan dalam mengatur stamina.

Ga sedikit orang bertanya “apa sih kegunaan mendaki gunung? Apa menariknya coba?”

Mendaki gunung menurut saya adalah dorongan alamiah di bawah alam sadar, setiap orang selalu mencoba menerima tantangan dalam dirinya untuk melakukan hal yang tidak biasanya dan mencoba sampai di mana batas kekuatan fisiknya. Oleh sebab itu naik gunung memiliki beberapa aspek penting dalam kehidupan manusia

Naik gunung membutuhkan kondisi prima, jika tidak, akan sulit untuk sampai ke puncak sebagai tujuan akhir. Fisik bukan berarti kuat dan berotot, tetapi fisik yang terjaga untuk melakukan beban yang sangat lama. Mendaki gunung sendiri pada dasarnya memiliki berbagai macam manfaat. Tentu saja manfaat ini ada beberapa yang langsung dapat dirasakan, dan ada pula manfaat lainnya yang tidak dapat terlihat langsung. Apa saja manfaat mendaki gunung? Berikut ini diantaranya :

 

  1. Manfaat bagi fisik
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Perjalanan mendaki sambil menahan beban tas akan memompa jantung dan paru-paru lebih berat.
  • Melatih daya tubuh. Kondisi alam yang ekstrim, cuaca dingin di atas gunung dan keterbatasan bahan makananakan melatih daya tahan tubuh. Pendaki gunung secara sengaja telah membenturkan dirinya dengan keadaan di luar zona nyaman.
  • Meningkatkan daya ingat. Orang yang mendaki biasanya menemukan hal-hal baru dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar serta memiliki riang gembira.

 

  1. Manfaat motifasi dan sportifitas
  • Melatih sportifitas. Pendaki gunung tidak ada yang saling enak sendiri, serobot, sikut atau saling mendahului, keberhasilan bagi mereka adalah ketika semua anggota rombongan mencapai tujuan dan turun dengan selamat.
  • Melatih ketidakawanan dan kepedulian, menumbuhkan sikap tolong menolong tampa mengenal latar belakang pendaki lain.
  • Melatih ketangkasan dan keterampilan. Pendaki harus gesit dan terampil mengurus diri dan menjaga sesama pendaki dan berusaha tidak membebani orang lain
  • Melatih ketabahan dan kegigihan meraih cita-cita, mendaki adalah perjalanan yang melelahkan, butuh perjuangan yang super ekstra, tidak mengeluh sampai terwujudnya harapan sang pendaki.
  • Menumbuhkan motivasi diri, mendaki gunung selain membutuhkan peralatan, juga semangat untuk mencapai puncak.

 

  1. Manfaat spirittual
  • Menumbuhan rasa cinta alam dan kasih sayang. Pendaki gunung terbiasa hidup di alam bebas. Merasakan bagaimana menjadi bagian dari alam dan menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan alam.
  • Menambahkan rasa syukur. Setelah menyaksikan keindahan pemandangan dari atas puncak. Disana langit begitu biru dan langit terasa dekat
  • Mempertebal keimanan dan menumbuhkan kesadaran kebesaran Allah SWT.

 
sumber: http://herulegowo.com
               http://manfaat.co.id


Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media