DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Orang lain bisa menilai atau melihat kepribadian kita melalui berbagai hal, seperti perbuatan, sopan santun dan lainnya. Dan untuk pembahasan kali ini adalah membahas bagaimana pakaian mencerminkan kepribadian seseorang.

Seseorang yang selalu memakai pakaian yang tidak rapi, bajunya penuh lipatan karena tidak disetrika, kotor dan urakan bisa dicap jelek oleh orang yang melihatnya. Misalnya kita ke sekolah atau bekerja ke kantor dengan keadaan seperti itu, maka citra negatif pun mudah dengan  nmencirikan bahwa ia tidak bisa merawat dirinya sendiri . Bisa dibayangkan ga?

Untuk itu mencuci, mensetrika dan merawat pakaian dengan baik sangatlah diperlukan untuk menjaga penampilan bersih, wangi dan rapi. Niscaya orang-orang yang berada dekat dengan kita akan merasa nyaman dan citra positif sebagai orang dengan kepribadian baikpun bisa diperoleh.

Dahulu, pakaian dibuat dan digunakan hanya sebatas penutup anggota tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari angin, cuaca panas atau dingin yang akan memberikan rasa nyaman dan aman. Tetapi sekarang, pakaian dianggap sebagai salah satu penunjang utama manusia dalam berpenampilan. Penampilan yang menarik tentu saja meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Itu sebabnya hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Pakaian adalah cerminan pribadi seseorang yang menunjukkan identitas diri dan status sosialnya. Dengan pemilihan busana, fungsi pakaian akan lebih luas. Cara berpakaian seseorang dapat menunjukkan kepribadiannya. Lewat cara berpakaian kita, orang lain dapat melihat dan menilai siapa kita dan dari mana kita berasal. Misalnya, bila kita berpakaian seragam polisi, orang akan tahu kalau kita adalah seorang polisi walaupun mungkin kita sedang berada di rumah sakit atau di pasar. Yang jadi permasalahannya, masih banyak dari kita yang sering keliru memadupadankan fungsi dan cara berpakaian kita, yang akhirnya membuat penampilan kita terlihat aneh, tidak pantas, tidak sesuai bahkan terlihat berantakan. Misalnya, memakai celana jin sobek-sobek ke kantor atau ke kondangan, memakai kaos atau celana pendek ke acara formal, memakai jaket musim dingin di daerah panas, memakai pakaian tidur ke mal, memakai pakaian pesta ke acara pengajian, atau memadukan pakaian, rok, sepatu dan aksesoris dengan warna mencolok dan tidak kontras. Memang sih kita akan menjadi pusat perhatian orang banyak. Tapi jangan senang dulu, orang memperhatikan kita bukan karena penampilan kita yang kece atau keren tetapi karena kita terlihat aneh, norak, tidak sopan dan saltum alias salah kostum. Sudah pasti kita dicap memiliki selera berpakaian yang rendah dan kampungan.

Setiap pakaian mempunyai fungsinya masing-masing. Kita harus cerdas dalam berpakaian. Jangan sampai kita melakukan kesalahan pada cara berpakaian kita. Yang perlu kita tahu adalah bagaimana cara kita memadukan apa yang kita pakai menjadi penampilan yang menarik bagi orang lain namun tetap nyaman bagi kita, yang sesuai dengan tempat, acara, waktu dan siapa orang-orang yang nanti kita jumpai. Berpakaian juga mempunyai aturan dan etika. Namun seringkali kita tidak memperhatikan aturan tersebut. Karena kita berpikir "ini saya dan beginilah gaya saya!". Memang setiap orang berhak atas gaya berpenampilannya sendiri. Kita bebas mau bergaya feminin, kasual, glamor atau pun gaya tomboy. Tetapi ingat, kita adalah makhluk sosial yang akan bersosialisasi dengan berbagai lapisan masyarakat, untuk itu kita harus menghargai aturan tersebut. Berpakaianlah dengan tepat dan sesuai, perhatikan juga akan pemilihan warna baju, ukuran baju, model, motif, warna kulit dan bentuk tubuh kita, agar apa yang kita kenakan serasi dengan etika berpakaian dan pastinya akan membuat kita terlihat tetap menarik apa pun bentuk tubuh kita.

Pakaian yang mahal belum tentu cocok loh dengan penampilan kita. Pakaian sederhana dengan harga murah pun jika kita pandai memadukannya sesuai fungsi dan kondisinya, pasti akan terlihat indah kok. Kita bisa memadupadankan riasan wajah, gaya rambut dan aksesoris lainnya seperti perhiasan, tas, hiasan rambut, atau sepatu yang tepat demi menunjang penampilan kita lebih menawan. Selain itu, berpakaianlah sesuai kebutuhan atau tuntutan pekerjaan kita, jangan sampai kita terlena dengan banyaknya model pakaian yang bermunculan, sehingga kita menjadi korban mode.

Sumber: https://keluarga.com

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media