DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Banyak orang yang ingin hidup sehat. Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan olahraga. Tapi ternyata tidak semua orang bisa melakukannya secara teratur. Banyak kendala, dari rasa malas hingga tidak ada waktu. Dan tidak ada waktu untuk olahraga ini yang menjadi alasan dhiajeng istriku untuk tidak berolahraga.

Secara umum, saat terbaik untuk melakukan olahraga adalah di pagi hari. Sebab pada saat itu, udara bersih dan segar dan cahaya matahari pagi yang mengenai tubuh akan membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun jika tidak bisa melakukannya, apakah menjadi tidak melakukan olahraga sama sekali?

Melakukan olahraga malam hari jelas jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan secara kesehatan hal tersebut tidak menjadi masalah. Meski demikian ada beberapa hal yang perlu dicatat.

Pertama, banyak orang yang takut berolahraga malam hari karena mengira hal tersebut tidak bagus. Dapat menganggu jam tidur, itu alasannya. Faktanya adalah olahraga malam hari sama sekali tidak mengganggu kualitas tidur. Namun ada syaratnya, yaitu lakukan hal tersebut beberapa jam sebelum jam tidur.

Jadi jika akan pergi tidur jam 22.00 malam, maka lakukan olahraga kurang lebih jam 19.00-21.00. Selesai berolahraga, jangan langsung pergi tidur. Namun beri kesempatan pada tubuh untuk menjadi lebih dingin. Setelah itu, silahkan tarik selimut dan peluk bantal. Riset membuktikan, olahraga justru akan meningkatkan kualitas tidur.

Kedua, banyak orang takut olahraga malam akan meningkatkan adrenalin, sehingga akan menyebabkan insomnia dan stress. Itu benar, namun tidak sepenuhnya benar. Pada saat olahraga, adrenalin memang meningkat. Namun peningkatan ini lebih berupa reaksi atas kegiatan fisik yang dilakukan selama olahraga. Setelah selesai, adrenalin juga akan menurun kembali, seiring dengan proses pendinginan tubuh. Bahkan saat olahraga, pikiran akan lebih segar karena otak melepaskan endorfin, yang membuat tubuh menjadi santai dan optimis.

Ketiga, banyak orang yang takut berolahraga malam hari karena menganggap tubuh akan lebih rentan cidera. Ini hanya mitos. Resiko cidera selalu ada dalam setiap olahraga, dan hal ini tak ada hubungannya dengan waktu pelaksanaannya. Baik olahraga pagi, sore atau malam, resiko cidera sama saja. Karena itu, untuk meminimalisir resiko, lakukan olahraga dengan aman, artinya memakai perlengkapan yang memadai dan jangan lupakan pemanasan dan pendinginan setelah olahraga, kapan pun waktunya.

Jadi intinya adalah lakukan olahraga kapan pun bisa melakukannya. Jika tidak bisa dilakukan di pagi atau sore, ya lakukanlah di malam hari. Soal mengganggu tidur, stress dan cidera, tidak ada masalah.

 

Sumber: http://teguhiw.me

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media