DistroMurahKu

Keranjang belanja kosong

Tak sedikit orang yang mempunyai hobi mendaki gunung, baik anak muda  atau lansia, Dengan banyaknya gunung tinggi di Indonesia tentunya mendukung untuk melakukan hobi ini. Di antara peralatan yang di gunakan untuk mendaki salah satu nya adalah Tas Carrier yang mampu membawa semua barang keperluan selama manaiki gunung. Tas Carrier memang di desain khusus untuk membawa banyak barang dengan mudah dan meminimalisir cedera pada pundak yang menopang seluruh barang bawaan .

Masalahnya bagaimana kah cara memilih Tas Carrier yang baik sebelum kita membeli nya. beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda:

 

  1. Sesuaikan Ukuran Untuk Waktu Perjalanan

 

Perkirakan lama perjalanan yang akan dilakukan. Tas Carrier banyak sekali ukurannya jadi sebelum membeli, Karena tentunya semakin lama kita melakukan pendakian di gunung anda juga membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak dan memerlukan tas yang lebih besar, sedangkan untuk pendakian yang pendek anda cukup membawa perbekalan sedikit saja sehingga ukuran tas pun lebih baik yang kecil. Berikut ukuran Tas Carrier sesuai waktu perjalanan nya.

 

Lama Waktu Perjalanan

Kapasitas Carrier (liter)

1-3 Malam

35-50

3-5 Malam

50-80

Lebih dari 5 Malam

80+

untuk perkiraan ukuran di atas juga perlu di pertimbangkan lagi dengan jenis kegiatan dan jumlah rombongan. Jika akan melakukan pendakian biasa atau travelling mungkin ukuran di atas cukup namun jika untuk pendakian ekspedisi atau membuka jalur baru tentunya bisa menyesuaikan lagi. Terlebih jika jumlah rombongan sedikit mungkin tas dengan kapasitas lebih besar di butuhkan.

 

  1. Jumlah Bukaan Atau Resleting Pada Tas Carrier

 

Apabila dana yang anda punya cukup, lebih baik anda beli carrier dari brand-brand terkenal tersebut.
Jika mencari carrier dengan harga yang lebih bersahabat, brand-brand lokal yang sudah cukup terkenal seperti Eiger, Consina, Cozmeed atau Avtech bisa dijadikan pilihan alternative. Jangan coba-coba untuk membeli carrier dari brand yang belum teruji kualitasnya, salah-salah nanti malah menyusahkan jika tiba-tiba carrier abal-abal yang anda beli malah rusak di tengah pendakian. “bila kejadian Kebayang ga sob kerepotannya kaya gimana?”

Jumlah bukaan pada Tas Carrier sangat penting jika kita membutuhkan sesuatu yang berada di dalam tas. Jumlah bukaan yang baik biasa nya ada empat bukaan yaitu dari atas, tengah, belakang dan bawah. 4jika Tas Carrier kita hanya memiliki 1 bukaan dari atas kita mau tidak mau harus membongkar seluruh bagian tas untuk mendapatkan barang yang di perlukan.

Biasa nya Tas Carrier dengan jumlah bukaan yang banyak juga memiliki harga yang mahal, tapi itu lebih baik dari pada yang memiliki bukaan hanya 1. Namun jika sudah terlanjur membeli Tas Carrier dengan jumlah bukaan hanya satu bisa disiasati dengan melakukan packing yang benar. Taruh barang barang yang sekira nya tidak di butuhkan dalam perjalanan di posisi paling bawah seperti Slepping Bag dan peralatan masak, sedangkan peralatan P3K bisa di taruh di atas.

 3. perhitungan berat dari carrer
jika anda suka menerapkan style dalam pendakian, berat setiap barang yang anda bawa pasti akan menjadi penting untuk pertimbangan, termasuk berat carrier, carrier deuter ACT lite akan punya berat yang lebih ringan dari futura Pro. sesuaikan pilihan anda dengan style dan tipe pendakian yang akan anda lakukan.

  1. Memilih Style Dari Tali Bahu dan Tali Pinggang

beban seluruh tas di topang di bahu, jadi agar mengurangi cedera pada bahu pilih lah bahan yang empuk dan nyaman saat di gunakan. Selain tali bahu, tali pinggang juga berperan penting untuk mengurangi beban keseluruhan yang di topang oleh bahu. Jika tali pinggang pas dan nyaman di gunakan, maka beban di bahu pun akan berkurang walau sedikit. Jangan lupa pula untuk memilih yang tersedia tali dada nya, karena juga bisa membantu menopang beban. Dan yang paling penting adalah peluit yang menyatu dengan tali dada atau tali bahu karena jika kita tersesat dan hilang dari rombongan peluit itu bisa berfungsi sebagai tanda keberadaan kita agar rombongan lebih mudah menemukan kita. Tapi biasa nya semua jenis tas carrier yang di jual di pasaran sudah terdapat peluit dan tali dada tersebut.

 

5. Pertimbangkan Fitur-fitur Tambahan yang Dimiliki

·         Frame

Sekarang kebanyakan carrier sudah dilengkapi dengan frame baja,yang berfungsi menyangkut keseimbangan penyebaran beban pada tubuh.

·         Akses masuk utama dan tambahan

Tak jarang yang menyediakan akses masuk alternative berupa risleting di bagian tengah ataupun bawah carrier. Hal ini akan memudahkan anda saat tiba-tiba harus mengambil barang yang sudah terlanjur anda packing di bagian dalam carrier. Jika tak ada akses tambahan ini, anda terpaksa harus mengeluarkan barang-barang diatasnya untuk dapat mengambil barang tersebut.

·         Tempat khusus sleeping bag

Sleeping bag biasanya punya ukuran yang lumayan besar, selain itu juga harus selalu terhindar dari basah, maka dari itu, barang ini lebih baik anda pisahkan dari barang-barang lain, terutama yang mengandung air. Karena itu, carrier yang punya tempat khusus untuk sleeping bag (biasanya di bagian bawah) bisa anda pertimbangkan.

·         Kantong-kantong Tambahan

Kadangkala kantong-kantong tambahan di bagian luar carrier itu sangat penting dan berguna sekali, terutama jika anda termasuk tipe pendaki agak ribet yang suka membawa banyak barang-barang kecil yang akan anda pergunakan selama pendakian. Dengan adanya kantong-kantong tambahan di bagian luar, anda bisa memisahkan barang tersebut dari barang-barang utama yang tersimpan di dalam carrier, agar lebih mudah dibawa saat diperlukan. Kantong luar dengan risleting akan lebih baik untuk menyimpan barang penting. Kantong samping yang elastic juga sangat bagus untuk menyimpan botol minuman atau matras gulung.

·         Fitur lainnya

Fitur-fitur lain seperti tempat menggantung barang di bagian luar juga perlu anda pertimbangkan, karena mungkin ada beberapa barang harus disimpan di bagian luar carrier, seperti misalnya fitur untuk menggantung kernmantle, webbing, carabiner, dll saat anda melakukan pendakian yang membutuhkan peralatan panjat tebing. 

http://www.bluetripper.com/

 

Subscribe Us

Berlangganan newsletter dari kami


Social Media